OUR OFFICE :

Office

Puri Imperium Office Plaza, G-10 Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6. Kuningan Jakarta Selatan



Contact Information

Phone

:

(021) 83785705

(021) 83706331

(021) 83703601

Fax

:

(021) 83785707

Email

:

contact@ctdi.co.id

Website

:

www.ctdi.co.id

Personal Image
BeSmart



BeSmart


1. Apa itu BeSmart?
Suatu aplikasi digital yang memungkinkan terjadinya “interaksi” cerdas secara virtual dalam proses belajar mengajar,berbagi serta bertukar informasi dan ilmu pengetahuan dan mendorong kreatifitas yang bernilai bagi siswa generasi muda Indonesia.

2. Apa yang melatarbelakangi pembuatan BeSmart?
- Keprihatinan terhadap kesenjangan kualitas dan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta belajar dan mendapatkan pengajaran bagi siswa di seluruh Indonesia.
- Keinginan memberi kesempatan keseluruh siswa generasi muda Indonesia untuk bisa mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan Pembelajaran secara bebas dan terus menerus tanpa dibatasi tempat, waktu, kesempatan, latarbelakang dan biaya,
- Goodwill kepada peningkatan kualitas manusia Indonesia melalu kemudahan sarana belajar dan mengajar pada seluruh siswa di Indonesia
- Kondisi geografis Indonesia yang luas dan keterbatasan sarana dan prasarana penididikan formal baik tenaga pengajar maupun infrastruktur penunjang

3. Apa misi dan visi BeSmart?
- VISI BeSmart, Menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi Virtual yang Inspiratif dan berguna untuk membangun kecerdasan dan kreatifitas yang bernilai tinggi bagi siswa pelajar generasi muda Indonesia. Sehingga selain dapat meningkatkan softskill dari pelajar juga dapat meningkatkan nilai kebergunaan hidup yang berkarakter dari generasi muda Indonesia.
- MISI BeSmart, Menyediakan wadah cerdas untuk melakukan kegiatan belajar, berlatih, diskusi, sharing, kolaborasi bagi semua pihak untuk berkontribusi secara positif dan konstruktif dalam membangun dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan keahlian generasi muda tanpa dibatasi ruang, waktu,kesempatan dan biaya.

4. Apa tujuan utama aplikasi BeSmart tersebut?
Membantu memudahkan para siswa generasi muda Indonesia untuk mendapatkan, meningkatkan dan memperkaya ilmu dan pengetahuan dan keterampilannya sehingga dapat dan mampu berprestasi lebih baik dengan tingkat kebergunaan hidup yang tinggi tanpa harus terbeban biaya, waktu, kesempatan dan latarbelakang.

5. Bagaimana BeSmart dapat menjangkau anak-anak di wilayah terpencil?
Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dengan Pengatur, Pengelola, Pelaksana maupun Pemerhati Pendidikan dari kotas ampai ke desa serta dukungan Teknologi ICT (Information Communication Technology), yang sudah menjangkau seluruh wilayah NKRI, yang diselenggarakan oleh operator telekomunikasi baik bergerak maupun tetap. Juga bekerja sama dengan para guru dari seluruh Indonesia untuk dapat memberikan konten yang menyesuaikan kurikulum dan kondisi aktual dari sebuah wilayah.

6. Kapan BeSmart diluncurkan?
Sesuai dengan project plan yang sudah di rancang, maka estimasi peluncuran di market sekitar Q3 2016, dan full version akan di lakukan padaawal 2017. Harapannya, pada saat perayaan HARDIKNAS, 02 Mei 2017.

7. Sejauh mana BeSmart memberi bantuan kepada pemakai?
Karena BeSmart ini adalah suatu aplikasi yang user friendly dan dengan tujuan yang ada, sehinga semua features yang ada dalam aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, melalui downloading process maupun akses langsung ke web. Panduan yang interaktif mengenai tata cara pemakaian aplikasi. Selama pemakaian aplikasi bantuan diberikan oleh besmart melalu mentor dan atau guru dalam interkasi

8. Apa kelebihan dan kekurangan BeSmart?

  1. - Secara umum, kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat di akses setiap saat dalam kondisi apapun sepanjang terhubung dengan fasilitas internet dan gratis. Karena semua modul pelajaran yang di kelola dalam aplikasi ini berbasis KURIKULUM (mengikuti ketentuan DIKNAS) sehingga sangat efektif untuk membantu menunjang proses belajar mengajar di pendidikan formal baik dari SD, SLTP dan SLTA.

  2. - Besmart melakukan profiling untuk setiap login siswa , mulai dari melengkapi data siswa pada database BeSmart, maka aplikasi dapat memberikan materi pelajaran dana bahan latihan pelajaran sesuai dengan profil siswa tersebut secara otomatis, sehingga materi yang akan diterima siswa akan sesuai dengna profil siswa saat login.

  3. - BeSmart di desain untuk memberikan peaporan seacar terus menerus setiap kegiatan siswa kepada orang tua / pembinanya melalui email. Sehingga selueurh kegiatan siswa pada Bsmart dapat dimonitor oleh orangtua / pembinanya. Demikian juga sebaliknya orangtua / pembina dapt dengan mudah mengetahui apa yang menjadi fokus ketertarikan atau minat dari siswa.

  4. - BeSmart dapat memberikan analisa terhadap hasil pencpaian proses belajar dan latihan siswa kepada orang tua murid serta memberikan evaluasi terhadap jenis jenis pelajaran dan latihan soal yang perlu di dalamai oleh siswa, sehingga selanjutnya ornag tua dan pembina siswa dapat memberikan asuhan dan arahan terhadap materi pembelajran yang diperlukan siswa kedepan

  5. - Konten pada BeSmart didapat dari internal dan eksternal, Internal BeSmart konten materi pembelajaran dan soal didapat dari peran serta guru dan tenaga pengajar dari seluruh Indonesia. Untuk konten Eksternal Besmart dapat tekontrol dan terhubung dengan konten pembelajaran yang sudah ada dan tersebar di Internet, dengan teknologi bulblogic yang ada pada BeSmart, aplikasi dapat secara otomatis melakukan pencarian dan penarikan konten secara terus menerus dan dapat memperbaharui kekinian seluruh konten eksternalnya untuk diberikan kepada siswa sesuai dengan masing masing profile user dan bukan sebaliknya user yang mencari apa yang dibutuhkan. Semua konten BeSmartselalu disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku di Indonesia

  6. - BeSmart Menyediakan peluang pada guru untuk dapat memberikan kontribusi untuk memperkaya konten soal dan materi pembelajaran

  7. - BeSmart dapat dijadikan forum diskusi interaktif dengan jadwal yang telah disesuaikan oleh siswa dan guru, untuk membahas sebuah materi pembelajaran yang berasal dari sebuah posting soal oleh siswa

  8. - BeSmart dapat memberikan sebuah Interaksi edukasi yang dapat dipergunakan oleh setiap komunitas siswa di Indonesia dengan mempergunakan fitur “Majalah Dinding”

  9. - BeSmart dapat berinteraksi dengan penyedia konten lain diluar BeSmart seperti lembaga bimbingan belajar dalam suatu event tertentu dan dalam kurun waktu yangtelah di sesuaikan untuk dapat dipergunakan oleh siswa

  10. - Keterbatasan akses internet dengan kecepatan yang memadai tidak tersebar merata disetiap sekolah diseluruh Indonesia

  11. - Keterbatasan Device yang dapat dipergunakan oleh siswa generasi muda Indinesi


  12. 9. Siapa yang dapat menggunakan BeSmart?
    Pengguna BeSmart yang utama adalah Siswa SD, SLTP dan SLTA. Pengguna lain adalah para pendidik (Guru), Pemerhati pendidikan, Orang Tua, Lembaga bimbingan belajar, Korporasi dan bahkanPemerintah.

    10. Adakah batasan tingkatan usia bagi pengguna BeSmart?
    Secara umum adalah mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SLTP, SLTA dan menyesuaikan peranan serta statusnya dalam aplikasi besmartini. Serta peran orangtua atau pembina sebagai pengarah dalam menggunakan aplikasi ini kepada siswa siwa usia dini

    11. Bagaimana caranya orang dapat mengakses BeSmart?
    Sangat mudah, download aplikasi besmart di PlayStore Google dan atau melalui web http://www.besmart.bebulb.com lakukan pendaftaran, tentukan username dan password, lalu siap berselancar.Pastikan akses internet tersedia (disarankan kalu tidak bergerak maka utilize wifi yang dipasang di tempat tersebut..

    12. Apakah BeSmart bersifat satu arah atau dua arah?
    Karena system ini dibangun untuk memfasilitasi proses belajar siswa secara aktif maka system ini akan lebih mendorong terjadinya interaksi. Jadi lebih bersifat dua arah, atau bahkan bisa multi, sehinga partisipasi aktif tidak hanya dari dua sisi damun dari banyak pengguna seperti halnya ebuah media sosial yang berfokus pada materi pembelajaran sekolah dasar dan menengah di Indonesia.



Web Counter